Rabu, 23 Januari 2019

TIM SATGAS BENCANA POLRES LUMAJANG BERSIHKAN 8 POHON TUMBANG DI KAWASAN TAMAN NASIONAL BROMO TENGGER SEMERU


Tim Satgas bencana polres Lumajang yang dipimpin oleh Kasat Lantas AKP I Gede Putu Atma Giri, membantu proses pembersihan jalan yang tertutup pohon tumbang, Rabu (23/01/2019). Pohon tersebut berada di Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), desa Burno kecamatan Senduro.

" Jadi jalur poros tengah menuju kabupaten Malang atau menuju desa Ranupani tertutup total oleh adanya pohon tumbang. Praktis, hal ini jalur dari Senduro ke Ranupani tertutup total", kata kasat.

Ada sekitar 10 lebih personel dari Polres Lumajang yang diterjunkan untuk membantu memotong pohon tumbang, yang terdiri dari satuan lalu lintas, sabara dan Polsek Senduro. " Semua personel bergabung dengan petugas BPBD, TNI, TNBS maupun warga setempat untuk membersihkan jalan dari pohon tumbang", ujarnya.

Menurut Kasat, ada sekitar dua kilometer lebih jalan yang tertutup pohon tumbang. " Posisi pohon tumbang rata-rata berada di atas wilayah hutan ireng-ireng", tambah polisi dengan balok tiga dipundaknya itu.

Giri menghimbau kepada seluruh masyarakat yang biasa melintas jalur ini untuk selalu waspada. Sebab, intensitas hujan yang cukup tinggi disertai angin kencang masih berpotensi terjadi. " Kalau hujan disertai angin, jangan coba-coba melintas jalur ini. Mending kembali atau cari jalur lain", pungkasnya.

Sementara itu, mahmudin rahmadana, petugas Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, mengatakan jenis pohon yang tumbang itu diantaranya pohon pasang, putih dada, dan pohon jarak an. Rata-rata pohon yang tumbang itu, usianya cukup tua dengan diameter berkisar antara 50 hingga 70 centimeter.

" Tapi kayu itu tumbang dipicu angin kencang dan hujan. Biasanya kalau angin kencang, tidak banyak yang roboh, tapi kalau disertai hujan, kemungkinan besar banyak yang tumbang", katanya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Jum'at, 17 Jan 2020 - Hari ini Rombongan Satlantas Polres Lumajang terlihat beriringan memasuki Sekolah SMA N 2 Lumajang. Ternyata har...