Kamis, 10 Januari 2019

ANTISIPASI KECELAKAN KERETA API, KASAT LANTAS POLRES LUMAJANG CEK PERLINTASAN KA TAK BERPALANG PINTU


Kecelakaan maut  yang terjadi di perlintasan kereta api tanpa palang pintu di Desa Beji, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, pada rabu dinihari kemarin, membuat jajaran Kepolisian Lalu Lintas Polres Lumajang prihatin. Sebab kecelakaan yang melibatkan kendaraan  Minibus L-300 bertabrakan dengan Kereta Api (KA) Jayabaya itu, Telah menewaskan lima orang dari peumpang minibus L-300. Salah satu penyebab kecelakaan tersebut  adalah sopir minibus melintas di jalur perlintasan Kereta Api tak berpalang pintu.

Untuk itu, Kasat Lantas Polres Lumajang, AKP I.G.P. ATMA GIRI, S.H.,M.H, bersama petugas dinas perhubungan, melakukan pengecekan ke sejumlah tempat perlintasan Kereta Api di Lumajang pada kamis siang (10/01/2019). “ Tadi sejak pagi kita melihat dan mengecek langsung perlintasan Kereta Api, mulai dari berpalang pintu sampai dengan perlintasan Kereta Api yang tidak berpalang pintu”, kata Kasat asal Bali ini.
Data perlintasan Kereta Api di Kabupaten Lumajang yang tercatat di Satlatas Polres Lumajang, ada sekitar 36 perlintasan Kereta Api. Perlintasan itu ada di daerah Kecamatan Ranuyoso hingga Kecamatan Jatiroto. “ semuanya sudah kami cek, mulai dari Desa Mlawang, Ranupakis, Kudus dan seterusnya”, tambah Giri.
Dari 36 perlintasan Kereta Api di Kabupaten Lumajang tersebut, 25 diantaranya tidak berpalang pintu. Sementara selebihnya sudah berpalang pintu. Untuk perlintasan Kereta Api yang ada penjaganya, berjumlah 11, sedangkan 25 perlintasan Kereta Api tidak ada penjaganya. 
“Kondisi ini tentu sangat mengkawatirkan, sebab jumlah perlintasan kereta api yang tidak berpalang pintu lebih banyak daripada yang berpalang pintu. Penjaganya juga sama. Lebih banyak yang tidak ada penjaganya”, keluh Polisi dengan balok tiga di pundaknya itu.
Satlantas Polres Lumajang bersama jajaran Dinas Perhubungan dan dari pihak Kereta Api Indonesia, akan berkoordinasi kembali untuk mencari solusi mengatasi perlintasan Kereta Api tak berpalang pintu dan penjaganya. “jangan sampai kejadian di Pasuruan terjadi di Lumajang”, harap Polisi kelahiran Bali tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Jum'at, 17 Jan 2020 - Hari ini Rombongan Satlantas Polres Lumajang terlihat beriringan memasuki Sekolah SMA N 2 Lumajang. Ternyata har...